Kekompakan Bisa Dibangun Melalui Outbond

Jum`at, 9 Februari 2018 21:10:40 - oleh : admin
Rating: 1.4/10 (33 votes cast)

Tasikmalaya - Demisioner dan Pengurus MPM Politeknik Triguna terpilih menyelenggarakan kegiatan outbond di dua lokasi, di kawasan hutan pinus Darmacaang dan Cireong  (Ciamis) hari Sabtu, 20 Januari 2018 dengan didampingi Hasan Fahmi Kusnandar (Pudir III Bidang Kemahasiswaan), Riza Faizal (Bidang Kemahasiswaan), Gungun Gunawan (Bidang Kerjasama).

"Kegiatan outbond memang sekilas nampak sebagai aktivitas bermain atau hanya untuk bersenang-senang saja. Namun di balik itu, begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh terkait kegiatan tersebut", ujar demisioner MPM Fikri Nurhakim.

Dalam suatu roda organisasi, sudah tentu adanya tanggung jawab terhadap tugas,pokok dan fungsi masing- masing. Namun, mungkin sebagian orang kurang menyadari bahwa dalam berorganisasi tidak bisa melakukan suatu tugas tanpa bantuan orang lain serta adanya keterkaitan tugas satu sama lain. Seringkali juga terjadi jarak antara pengurus lama dan pengurus baru, atau antara ketua dan anggota yang pada akhirnya dapat mengganggu keberlangsungan kinerja organisasi.

Dalam kegiatan outbond, kita dihadapkan pada beberapa jenis permainan atau tantangan yang harus diselesaikan bersama dengan tim. Kadang-kadang, kita baru menyadari keegoisan dan sifat individualitas ketika dihadapkan pada suatu permasalahan yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Sang pimpinan tim juga harus memandu dan mengarahkan timnya dalam menyelesaikan suatu permainan. Begitu juga dengan anggota tim yang secara bersama-sama harus bisa menyelesaikan tantangan tersebut dengan sebaik mungkin.

"ini merupakan kegiatan positif bagi mahasiswa khususnya yang aktif dalam organisasi, selain untuk hiburan kegiatan ini merupakan salahsatu ajang pembentukkan karakter mahasiswa karena banyak manfaat yang bisa diambil, diantaranya  Mempererat kekompakan antar pengurus lama dan baru, menciptakan semangat kerjasama dan perasaan senasib sepenanggungan, dapat menghilangkan jarak antar anggota, menumbuhkan sikap pantang menyerah, percaya diri dan keberanian dalam mengambil keputusan, serta meningkatkan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan", Ungkap Hasan Fahmi selaku Pudir III Bidang Kemahasiswaan.

Kegiatan ini memberikan kesan positif bagi pengurus MPM baru.  "melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan motorik untuk lebih peka terhadap permasalahan yang akan dihadapi dalam berorganisasi. Disamping menghibur, outbond ini memberikan banyak pembelajaran, salahsatunya melatih kekompakkan. Jika Soekarno membutuhkan 10 pemuda untuk mengguncang dunia, maka MPM hanya memerlukan kekompakkan dan kerjasama untuk mengharumkan Politeknik Triguna Tasikmalaya", pungkas Sindi Syafitri Ketua MPM Terpilih. 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya